7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus Diet

0
27
beautiful woman with healthy food water and clock

Dakonan.com – Bagi sebagian orang memiliki berat badan yang ideal merupakan suatu kebanggaan. Namun bagi mereka yang memiliki tubuh gemuk dengan lemak dimana-mana bisa menjadi salah satu ancaman datangnya berbagai macam penyakit berbahaya. Maka dari itu bagi orang yang mengalami kegemukan mereka akan berusaha menurunkan berat badan dengan berbagai macam cara, seperti olahraga, mengurangi porsi makan, diet, bahkan sampai minum obat penurun berat badan.

Bagi sebagian orang menurunkan berat badan adalah hal yang mudah, namun bagi mereka yang susah menurunkan berat badan merupakan hal yang sia-sia. Melakukan diet alami untuk menurunkan berat badan bisa menjadi pilihan bagi mereka yang ingin tubuh ideal. Berikut beberapa cara untuk menurunkan berat badan secara alami :

1 . Konsumsi banyak protein dan sayuran

Diet rendah karbohidrat dipercaya menjadi strategi terbaik untuk menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung banyak protein dan serat membuat kita kenyang dan meningkatkan metabolisme. Sedangkan karbohidrat membuat kadar insulin meningkat dan membuat kita lapar. Jadi jika anda mencoba menurunkan berat badan lebih baik makan sepotong daging rendah lemak daripada buah yang manis. Selain itu protein juga dapat ditemukan pada dada ayam, ikan, Greek yogurt, dan kacang almond.

2 . Perbanyak aktivitas fisik

Buat kalian yang malas berolahraga cobalah salah satu tips ini, dengan banyak bergerak kalian juga akan membakar kalori yang ada di tubuh. Salah satunya bisa dengan membersihkan rumah, berjalan kaki, juga bisa menaiki tangga daripada menggunakan eskalator/lift.

3 . Banyak minum air putih

Tidak diragukan lagi air mineral merupakan hal yang paling esensial untuk tubuh, dengan meminum air mineral lebih banyak bisa mendukung diet alami penurunan berat badan. Air mineral membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk dalam tubuh, membuat kulit tampak lembut dan cerah, dan membantu meningkatkan kinerja otak. Sebelum makan minumlah segelas air putih maka porsi makan akan berkurang.

4 . Hindari makanan junk food

Makanan jenis junk food sudah diketahui memiliki kandungan lemak maupun kalori berlebih. Jika ingin menurunkan berat badan mulailah berhenti untuk mengkonsumsi junk food.

5 . Hindari stres

Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol, hormon ini dapat mengganggu kerja hormon-hormon lain. Jika hormon-hormon tersebut terganggu, rasa lapar dan ngidam makanan pun menjadi meningkat. Jika rasa lapar meningkat maka akan mengganggu waktu tidur, kebiasaan kurang tidur dapat menimbulkan banyak kerugian untuk tubuh kita, seperti resiko diabetes Hal ini tentu bisa menjadi penghambat metabolisme tubuh untuk tidak maksimal.

6 . Gunakan piring yang lebih kecil

Piring memiliki berbagai macam ukuran, sediakan piring kecil dirumah atau dimanapun. Ketika kalian membeli makanan yang tidak sehat gunakan piring kecil sebagai wadah. Piring kecil dapat membuat makanan terlihat lebih besar, otak pun akan menangkapnya seperti itu.

7 . Jangan minum kalori

Yang mengandung kalori bukan hanya makanan namun beberapa minuman juga mengandung banyak kalori seperti minuman bersoda, minuman berenergen, jus, latte, dll.

Demikian beberapa tips diet sehat, semoga bisa membantu pembaca yang sedang berusaha memiliki berat badan ideal. Tetap bersemangatlah, yang instan belum tentu sehat jadi tetap optimis dan nikmatilah setiap prosesnya 💪💪💪

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here