5 Tradisi Unik Jelang Ramadhan

0
168

Dakonan.com – Sebelum menjelang bulan suci ramadhan sejumlah daerah di Indonesia ada beberapa tradisi turun temurun yang dilakukan untuk menyambut bulan suci ramadhan.

Tradisi yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu masih terpelihara hingga sekarang. Meskipun di tiap daerah berbeda-beda, namun memiliki tujuan yang sama yaitu ungkapan rasa syukur atas datangnya bulan penuh berkah, Bulan Ramadhan.

Gebyur Bustaman (Semarang, Jawa Tengah)

foto : BeritaJateng

Gebyur bustaman merupakan tradisi bersih diri dan hati menyambut bulan suci ramadhan. Tradisi ini berada di Semarang tepatnya di Kampung Bustaman. Setiap warga yang ikut diacara ini harus menyiapkan air berwarna-warni yang dibungkus di dalam plastik. Berdasarkan penuturan warga, acara tersebut merupakan tradisi peninggalan Kiai Bustaman, pendiri kampung.

Tradisi Malamang (Sumatera Barat)

foto : tribunsumbar

Tradisi masyarakat Sumatera Barat ini dilakukan oleh ibu-ibu dan sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan berlangsung turun temurun hingga sekarang. Malamang berarti memasak lemang (makanan khas dari Sumatera Barat yang terbuat dari adonan beras ketan putih dan santan yang dimasukkan ke dalam bambu) yang dijadikan sebagai simbol pada saat diselenggarakannya peringatan Maulid Nabi di daerah tersebut.T radisi ini tidak untuk kepentingan pribadi, melainkan sebagai bagian dari kebiasaan yang dilakukan secara bersama oleh sekelompok masyarakat atau kerabat. Tujuannya adalah sebagai sarana berkumpul dan mempererat tali silaturahmi menjelang datangnya Bulan Ramadhan

Tradisi Selawat di Tengah Laut (Surabaya, Jawa Timur)

foto : gresiknews

Tradisi yang ada di Surabaya, Jawa Timur ini dilakukan di tengah laut dengan menggunakan perahu. Selawat merupakan bentuk seruan kepada warga muslim di seluruh Surabaya bahwa bulan puasa akan datang dan segera mempersiapkan diri. Mereka pun berkeliling jembatan Suranaya hingga sore hari.

Tradisi Dandangan (Kudus, Jawa Tengah)

foto : beritagar

Dandangan merupakan festival yang diadakan di kabupaten Kudus, Jawa Tengah untuk menandai dimulainya ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Awalnya, dandangan adalah tradisi berkumpulnya para santri di depan Masjid Menara Kudus setiap menjelang Ramadan untuk menunggu pengumuman dari Sunan Kudus tentang penentuan awal puasa. Selanjutnya, kesempatan ini juga dimanfaatkan para pedagang untuk berjualan di sekitar masjid sehingga akhirnya kini dikenal masyarakat sebagai pasar malam yang ada setiap menjelang Ramadan.

Nyadran (Jawa Tengah)

foto : viva

Nyadran adalah tradisi menyambut datangnya bulan suci ramadhan yang dilakukan oleh masyarakat khususnya Jawa Tengah. Nyadran merupakan tradisi pembersihan makam oleh masyarakat Jawa, umumnya di pedesaan. Serangkaian acara yang dilakukan yaitu berupa pembersihan makam leluhur, tabur bunga, dan puncaknya berupa kenduri selamatan di makam leluhur.

Berikut mengenai tradisi unik menjelang ramadhan yang ada di Indonesia. Semoga menambah pengetahuan kalian mengenai budaya yang ada di Indonesia. Dan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Bagi Yang Menjalankannya ­čÖé

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here