20 Makanan Sumber Vitamin A

0
246
source : healthaio.com

Dakonan.com(20 Makanan Sumber Vitamin A). Bulan Februari dan Agustus merupakan bulan pemberian vitamin A bagi balita. Pemberian suplementasi vitamin A sendiri terdapat 2 jenis kapsul, yaitu berwarna biru untuk anak 6-11 bulan dan warna merah untuk anak 12-59 bulan. Kekurangan vitamin A pada anak dapat meningkatkan risiko terkena penyakit infeksi seperti infeksi pernafasan atas, campak dan diare. 

Bagi anda yang mengkonsumsi suplemen vitamin A pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu karena kelebihan dosis vitaminnya juga berbahaya untuk tubuh. Kelebihan vitamin A sendiri memiliki beberapa efek samping seperti diare, demam, pandangan kabur, muntah, sakit kepala, rambut rontok dan lain-lain. 

Untuk mendapatkan vitamin A sendiri sebenarnya banyak disekitar kita makanan sehari-hari yang mengandung vitamin A, selain dari buah dan sayur vitamin A juga bisa didapat dari sumber hewani. Berikut beberapa bahan makanan yang mengandung vitamin A dan baik untuk anak. 

Sumber Hewani 

1 . Daging

Daging sapi dan domba memiliki kandungan protein dan besi yang baik untuk tubuh. Selain dua kandungan tersebut daging ternyata juga mengandung vitamin B dan vitamin A namun tidak semua bagian daging mengandung vitamin A.

2 . Hati Ayam, Sapi, dan Kambing

Sama halnya dengan manusia, hewan juga menyimpan vitamin A di dalam hati. Selain mengandung vitamin A hati hewan juga merupakan sumber zat besi, folat dan kolin.

3 . Susu Segar

Susu merupakan bahan makanan yang baik untuk dikonsumsi dan bergizi tinggi. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, susu juga mengandung berbagai zat makanan yang lengkap dan seimbang seperti lemak, karbohidrat, mineral dan juga vitamin termasuk vitamin A, D, dan E

4 . Keju

Keju merupakan olahan bahan makanan yang berasal dari susu, dan tentunya kandungan yang ada di dalam keju menyerupai kandungan yang ada dalam susu.

5 . Ikan

Kandungan vitamin A pada ikan jauh lebih banyak dibandingkan dengan hewan yang lainnya, sehingga ikan bisa dijadikan sebagai sumber vitamin A yang baik.

6 . Mentega Perah (sapi)

Sama halnya dengan keju, mentega juga merupakan olahan bahan makanan yang berasal dari susu. Jadi kandungan yang ada dalam mentega sama halnya dengan kandungan yang berasal dari susu.

7 . Telur

Telur merupakan sumber akan protein hewani selain itu telur juga mengandung vitamin A, vitamin B12, zinc, riboflavin dan zat besi. 

Sayur dan Buah 

1 . Wortel

Sudah menjadi rahasia umum lagi wortel merupakan sayuran yang mengandung vitamin A dan mudah dikonsumsi, tanpa perlu dimasak wortel juga bisa langsung dikonsumsi. Wortel juga kaya akan serat yang dapat membantu mengatasi sembelit. 

2 . Brokoli

Selain menjadi sumber vitamin A, brokoli juga sumber vitamin C dan vitamin K. Vitamin K penting untuk metabolisme tulang dan vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

3 . Labu

Kandungan senyawa yang terdapat dalam labu ternyata sangat dibutuhkan untuk tubuh. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam labu ternyata berasal dari beta karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.  

4 . Paprika

Paprika merah kaya provitamin A (beta-karoten), yang memiliki kemampuan untuk mengubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Selain itu paprika juga baik untuk kesehatan kulit dan menjaga warna rambut.

5 . Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki berbagai jenis, tetapi tidak semua ubi jalar mengandung vitamin A hanya ubi jalar yang berwarna kuning yang mengandung vitamin A.

6 . Mangga

Buah mangga memiliki banyak manfaat salah satunya menjaga kesehatan mata dan kesehatan kulit. Untuk mata yang sehat pastinya diperlukan kandungan vitamin A yang cukup, buah mangga sendiri mengandung 0,5 mg dalam setiap 100 gramnya. Namun ternyata buah mangga tidak baik jika dikonsumsi lebih dari 2 buah dalam sehari terutama bagi penderita diabetes.

7 . Aprikot

Buah yang hampir mirip dengan buah persik ini memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata selain itu aprikot juga menjaga kesehatan tubuh dan melindungi kulit. 

9 . Pepaya

Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Selain vitamin A pepaya juga memiliki sumber kalium dan kalsium yang sangat baik. Dilansir WebMD buah pepaya berukuran besar mengandung 235 milligram vitamin C. Rutin mengkonsumsi buah pepaya sangat bagus untuk kesehatan tulang. 

10 . Melon

Bahan makanan yang memiliki wangi yang khas ini ternyata memiliki banyak nutrisi. Jika kalian memakan 100 gram melon setara dengan dengan memenuhi kandungan vitamin sebanyak 64%.

11 . Alpukat

Selain mengandung lemak, karbohidrat, dan protein alpukat juga mengandung berbagai macam sumber vitamin salah satunya vitamin A.

12 . Persik

Buah yang memiliki rasa manis, harum dan memiliki daging yang lembut ini merupakan buah yang berasal dari China. Kandungan vitamin A dalam buah persik ternyata memenuhi 10% dari AKG (Angka Kecukupan Gizi). 

Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh

Vitamin A memiliki peran penting untuk pengembang dan fungsi mata, kesehatan reproduksi, kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu vitamin A juga memiliki manfaat untuk mencegah dan mengobati kanker, melindungi jantung, dan memperlambat penuaan. 

Demikian beberapa bahan makanan yang mengandung vitamin A dan berada di sekitar kita. Jadi buat bunda-bunda, jika sudah tahu sumber vitamin A membuat varian menu untuk si kecil lebih mudah kan?

Semoga informasi diatas bisa menambah informasi dan wawasan para pembaca sekalian. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here