12 Oleh-Oleh Terbaik Khas Bali

0
25

Dakonan.com – Melakukan destinasi wisata kurang lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh sebagai buah tangan untuk saudara, teman, maupun tetangga terlebih lagi kita berwisata ke tempat wisata terbaik. Salah satunya yaitu pulau Bali, dengan banyak tempat wisata terbaik pastinya banyak juga makanan khas Bali yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Mulai dari makanan, aksesoris, aneka souvenir, kain, dan sebagainya, semuanya dapat kalian temukan di tempat-tempat wisata dengan mudah bahkan ada daerah tersendiri sebagai tempat belanja oleh-oleh. Untuk kalian yang berencana liburan ke Bali dan ingin berbelanja oleh-oleh, berikut beberapa oleh-oleh terbaik khas Bali.

1 .  Joger

Oleh-oleh yang menjadi primadona jika berwisata ke Bali yaitu Joger. Kurang lengkap rasanya jika pulang dari Pulau Dewata tidak membawa kaos dari “pabrik kata-kata” ini. Tidak hanya kaos yang dijual disana namun ada beberapa aksesoris yang lain seperti tas, mug, sandal, gantungan kunci, dll. Bahkan Joger sudah menjadi ikon khas oleh-oleh pulau Bali. Adapun tarif yang ditawarkan sangat beragam mulai dari 100.000an.

Bagi kalian yang ingin membeli Joger bisa datang ke Jl. Raya Kuta Bali dan Jl. Raya Denpasar-Bedugul KM 37,5 Bali.

2 . Pie Susu

Oleh-oleh yang memiliki citarasa yang khas dan bentuk yang unik ini menjadi incaran para wisatawan di Bali. Dengan paduan kue yang sedikit keras dan fla susu yang creamy membuat tekstur makanan ini lembut dan lumer di mulut. Pie susu disajikan dengan berbagai varian diantaranya rasa original hingga beraneka rasa dilengkapi toping seperti keju, almond, choco chips dan kismis. Dan merk pie susu yang terbaik dan terkenal di Bali adalah “Pie Susu Asli Enaaak” dengan harga terjangkau yaitu 2.500 perbijinya. Kalian bisa menemukan “Pie Susu Asli Enaaak” ini di Jalan Nangka Selatan No.163, Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara.

3 . Kopi Kintamani

Bali juga terkenal dengan minumannya yaitu Kopi Kintamani. Kopi ini memiliki rasa yang unik dengan cara penanaman sistem perkebunan tumpang sari. Pohon kopi berada di lahan berundak bersama tanaman lain seperti jeruk, kokoa dan beragam sayur. Sehingga membuat kopi Kintamani sedikit asam karena bercampur aroma jeruk.

Selain itu kopi Kintamani juga telah mendapat sertifikat Geographical Indication yang artinya kopi ini telah memenuhi standar kopi internasional.

4 . Batik Bali

Tidak hanya Yogyakarta, Surakarta dan Pekalongan yang memiliki batik khas. Ternyata Bali juga memiliki batik khas sendiri. Selain sebagai oleh-oleh, kalian juga bisa menjadikan batik Bali sebagai koleksi batik kalian sendiri. Untuk membeli batik Bali kalian bisa datang ke Batik Galuh, disana kalian tidak hanya melihat macam-macam batik saja namun kalian juga bisa ikut belajar membatik.

5 . Bali Home Spa

Buat kalian yang ingin memberi oleh-oleh untuk ibu, saudara perempuan, teman dan bahkan pacar, produk Bali Home Spa bisa menjadi pilihan. Disini tersedia berbagai macam produk spa seperti body scrub, lotion, body mist dan shampoo. Salah satu merk produk home spa yang paling populer yaitu Herborist dan Bali Ratih.

6 . Kerajinan Manik-manik

Buat kalian yang suka dengan manik-manik, kalian bisa mengoleksi kerajinan manik-manik khas Bali. berapa kerajinan manik-manik seperti dompet, kalung, gelang, selain itu kalian juga bisa menemukan variasi manik-manik lainnya seperti pajangan dinding untuk ruang tamu.

7 . Mukena Khas Bali

Meskipun mayoritas penduduk Bali beragama hindu namun Bali juga menjadi sentra pembuatan mukena yang sangat tersohor. Dengan corak dan warna yang bermacam-macam dan bahannya yang terbuat dari rayon halus membuat adem jika dikenakan.

8 . Baju Barong

Produk oleh-oleh khas Bali yang tahan lama berikutnya yaitu baju barong. Dinamakan baju Barong karena corak baju menampilkan tokoh khas Bali yaitu Barong. Kalian bisa mendapatkan baju ini dengan harga yang terjangkau yaitu mulai dari Rp 25.000, -.

9 . Kacang Rahayu

Kacang asin bermerk Kacang Rahayu ini sangat recommend untuk dijadikan salah satu oleh-oleh. Kacang asin nan renyah ini menjadi salah satu incaran para wisatawan di Bali untuk dijadikan cemilan ketika sedang santai.

10 . Pia Legong

Pia Legong merupakan makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau, gula dan dibalut dengan tepung ini sangat menggugah selera. Dengan varian rasa coklat, keju, stroberi, kacang tanah, dan beberapa lainnya. Pia Legong yang paling terkenal ada di Jl. Bypass Ngurah Rai. Karena Pia Legong sangat laris makan pembeli hanya dibatasi membeli sebanyak 2 box saja.

11 . Kerajinan Tangan Khas Bali

Selain manik-manik kerajinan tangan khas Bali lainnya ada tempat lilin, gantungan kunci, lukisan, seni ukir, topeng dan lain-lain banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Biasanya di sekitar objek wisata pantai Bali berjejer pedagang yang menjajakan gantungan kunci, dll.

12 . Kacang Matahari Khas Bali

Oleh-oleh legendaris khas Bali berikutnya adalah Kacang Matahari. Kacang dengan rasa yang gurih dan renyah banyak diburu wisatawan karena harganya yang murah dan rasanya yang sangat enak.

Demikian ulasan singkat mengenai bebrapa jenis oleh-oleh khas Bali, semoga bisa memberi informasi bagi kalian yang ingin berwisata ke Bali dan membeli buah tangan untuk keluarga, teman dan tetangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here