12 Jenis Soto Khas Nusantara

0
38
source : iklantemanggung.com

Dakonan.com(12 Jenis Soto Khas Nusantara). Soto merupakan salah satu ragam jenis makanan khas Indonesia. Makanan yang memiliki komposisi seperti nasi, bihun, suwiran ayam, bawang goreng kemudian disiram dengan kuah merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang ada berbagai jenis di Nusantara ini. Meskipun namanya sama, namun tiap daerah di Indonesia memiliki cita rasa tersendiri. 

Indonesia memiliki berbagai jenis soto yang bisa kalian cicipi dengan rasa, isian dan penyajian yang berbeda sesuai dengan khas masing-masing daerah. 

Berikut beberapa jenis soto yang ada di Indonesia. 

1 . Soto Medan 

source : panorama-magz.com

Soto Medan ini berbeda dengan soto-soto khas nusantara yang lainnya, yang membedakan adalah kuahnya yang memakai santan dan warnanya yang kekuning-kuningan kalau di Jawa mungkin hampir menyerupai kuah opor. Untuk isian soto medan ada kentang, telur, tomat, emping dan juga bawang goreng, sedangkan untuk pilihannya ada dua macam yaitu soto ayam, soto babat, soto paru dan juga soto daging. Jadi kalian bisa menyesuaikan sendiri pilihan soto jenis apa yang ingin kalian nikmati. 

2 . Soto Padang

source : qraved.com

Selain rendang yang sudah mendunia, Padang juga mempunyai makanan khas lainnya yang tak kalah nikmat untuk dicoba yaitu Soto Padang. Namun soto padang tidak sekental seperti soto medan yang menggunakan kuah dari santan kelapa. Soto padang terbuat dari daging sapi dan tentunya kuahnya juga dihasilkan dari kaldu sapi. Yang membuat soto padang berbeda dari yang lain yaitu kuahnya yang dicampur dengan cuka sehingga membuat soto padang memiliki rasa yang sedikit asam dan manis.

3 . Soto Banjar 

source : borneos.id

Salah satu soto khas Kalimantan Selatan yaitu Soto Banjar dengan bahan utamanya ayam. Selain itu soto ini terdapat aroma rempah-rempah yang khas seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh. Pelengkap dalam soto banjar ini ada perkedel dan telur, namun jika pada soto-soto yang lainnya menggunakan nasi soto ini menggunakan lontong atau ketupat. 

4 . Coto Makassar

source : kepogaul.com

Jika di daerah-daerah lain namanya adalah soto, berbeda dengan di Makassar mereka kebanyakan menyebutnya sebagai Coto Makassar. Salah satu menu makanan yang wajib kalian coba jika berkunjung ke Sulawesi Selatan. Salah satu soto Nusantara yang memiliki rasa gurih yang khas dengan isian jeroan atau isi perut sapi seperti potongan usus, hati dan daging sapi yang dimasak cukup lama dan disajikan dengan potongan ketupat.

5 . Soto Betawi 

source : indoblognet.com

Sama seperti dengan Soto Medan, Soto Betawi menggunakan santan sebagai kuahnya dan ditambah dengan susu sehingga membuat soto ini menjadi semakin gurih. Soto betawi ini kaya akan rempah-rempah seperti pala, kayu manis, cengkeh dan merica sehingga terasa hangat dibadan. Sebagai pelengkap dalam soto ini ada irisan daging, jeroan, emping dan acar. Namun selain jeroan ada juga bagian-bagian lain sebagai tambahan seperti mata, torpedo dan hati. 

6 . Soto Bandung

source : masirwin.com

Memiliki kuah yang bening dengan tambahan lobak menjadi salah satu ciri khas Soto Bandung ini. Jika kebanyakan soto dengan daging sapi biasa disantap dengan kuah santan berbeda dengan soto bandung yang disajikan dengan kuah yang bening. Selain lobak sebagai ciri khas soto ini biasanya dalam menyantap soto bandung juga ada tambahan tomat dan kedelai goreng. 

7 . Soto Mie Bogor

source : resepistimewa.com

Salah satu soto yang berasal dari kota yang berada di Jawa Barat ini wajib kalian coba jika berkunjung ke kota hujan Bogor. Sesuai dengan namanya Soto Mie Bogor menggunakan mie sebagai bahan pembuatan soto. Selain mie kuning sebagai bahan utamanya, pembuatan soto juga ada tetelan sapi dan kikil sebagai bahan dasarnya. Selain itu untuk menyantap soto ini juga ada tambahan risol, bihun, emping dan sambal. 

8 . Sroto Sokaraja 

source : ayobekasi.net

Soto Sokaraja atau biasa disebut Sroto Sokaraja, soto yang berasal dari daerah ngapak ini menggunakan bumbu sambal kacang dan ketupat sebagai ciri khasnya. Soto ini memiliki kuah yang harum dan segar karena menggunakan jahe dan serai sebagai bumbunya. Pada awalnya soto ini menggunakan suwiran daging ayam yang direbus kemudian digoreng, namun seiring dengan perkembangan jaman muncul berbagai variasi sroto sokaraja daging sapi, sroto sokaraja kecil, sroto sokaraja babat dan lain sebagainya. 

9 . Soto Semarang

source : semarang.rentals

Yang khas dari semarang ternyata tidak hanya bandeng prestonya saja, Semarang juga mempunyai soto sebagai makanan khasnya. Soto Semarang memiliki kuah yang sedikit keruh dan untuk isiannya sama dengan kebanyakan soto yang lainnya yaitu ada bihun, suriwan ayam, bawang goreng dan seledri. Soto Semarang sendiri yang paling terkenal adalah Soto Bangkong yang sudah berdiri lebih dari 50 tahun. 

10 . Soto Kudus

source : qraved.com

Terletak tidak jauh dari kota Semarang, Kudus juga memiliki soto khas daerahnya sendiri. Ciri khas soto Kudus tidak jauh berbeda dengan soto Semarang namun terkadang soto Kudus menggunakan daging kerbau sebagai pengganti suwiran ayamnya. Selain itu soto Kudus juga disajikan menggunakan mangkok kecil dengan kuah terpisah. 

11 . Soto Lamongan

source : selera.id

Lamongan merupakan salah satu kota yang mendapat julukan sebagai kota Soto. Ciri khas soto Lamongan sendiri yaitu terdapat koya atau poya yang terbuat dari remahan kerupuk udang yang membuat soto ini semakin gurih. Selain itu suwiran ayamnya juga menggunakan ayam kampung yang sangat empuk. 

12 . Sauto Tegal

source : masakandapurku.com

Sauto Tegal adalah soto versi orang Tegal dengan isian nasi, tauge, bawang goreng dan suwiran ayam kemudian disiram kuah panas setelah itu ditambahkan dengan tauco yang menjadi salah satu ciri khas dari Sauto Tegal. 

Demikian beberapa soto khas Nusantara. Konon soto merupakan makanan yang berasal dari China dengan nama Caudo dan lambat laun menjadi Soto, sedangkan orang Makassar menyebutnya Coto sedangkan orang Pekalongan menyebutnya Tauco. 

Jadi bagaimana menurut kalian, soto manakah yang menjadi favorit kalian? 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here