10 Pasar Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

0
14

Dakonan.com – Di Indonesia yang unik bukan hanya budayanya saja, bahkan ada bebrapa pasar yang unik bahkan bisa ada juga pasar anti mainstream. Pasar ini berbeda dari pasar-pasar pada umumnya. Nah, untuk membantu kalian mengetahui pasar-pasar yang anti mainstream artikel ini akan membahas pasar-pasar unik yang ada di indonesia.

1. Pasar Terapung Banjarmasin – Berbelanja sekaligus sarapan diatas perahu “Kelotok”

Pada umumnya pasar berada diatas daratan, tapi berbeda dengan Pasar Terapung yang berada di Banjarmasin. Pasar ini berlokasi di Sungai Kuin salah satu anak Sungai Barito. Pasar pedagang menempatkan jualannya diatas perahu begitupun untuk transaksi jual belinya para pembeli harus naik diatas perahu.

Bukan hanya sayur, buah dan kebutuhan dapur yang dijual di pasar ini namun ada juga aneka kuliner termasuk Soto Banjar yang menjadi khas kota Banjarmasin. Jadi kalian juga bisa menikmati sarapan diatas perahu. Jika kalian ingin menikmati transaksi tawar menawar diatas perahu ini datanglah pagi-pagi karena pasar ini akan tutup pada pukul 9 pagi.

2. Pasar Kembang – Pasar yang berbeda dari yang lain

Kalian akan menemukan papan petunjuk menuju lokasi ini di sekitar Malioboro. Pasar ini berbeda dari pasar pada umumnya, kalau biasanya pasar identik dengan penjual dan ibu-ibu yang berbelanja justru ditempat yang kalian temui adalah pada laki-laki. Kenapa ? Pasar Kembang atau biasa disebut SarKem adalah tempat prostitusi di Yogyakarta. Ditempat ini kalian akan menemukan motel dan bar-bar yang menyediakan jasa plus-plus.

3. Pasar Papringan – Pasar dibawah rindangnya pohon bambu

Jika pada umumnya pasar berlokasi ditempat yang panas dan kotor, Pasar Papringan yang berlokasi di Ngadiprono, Temanggung berada di bawah pohon bambu yang rindang dan sejuk. Dagangan yang dijual ditempat ini ada berbagai macam mulai kain, hasil pertanian, berbagai jenis kuliner dan pastinya ada pentas seninya juga hanya saja jika ingin transaksi jual beli kalian harus menukar uang dengan uang khusus untuk pembayaran. Tapi sayangnya pasar ini hanya ada di Minggu Wage dan Minggu Pon saja.

4. Pasar Triwindu Solo – Pasar untuk berburu barang antik

Buat kalian yang pecinta barang antik, jika kalian ingin berburu barang antik dengan harga miring pasar datanglah kalian ke pasar ini. Selain banyak sekali barang-barang antik yang murah para pedagangnya pun ramah-ramah tak heran banyak pemburu barang antik yang datang kesini.

5. Pasar Bisu – Ketika tak sepatah kata terucap

Sekalipun kalian berbelanja online maupun offline pastinya ada percakapan langsung maupun chatting. Tapi jika kalian datang ke Pasar Bisu sumatra Barat ini para pedagang dan pembeli harus mengerti isi hati masing-masing tanpa sepatah katapun terucap. Tradisi ini disebut “Marosok” tujuannya agar kesepakatan harga tidak diketahui oleh orang lain.

6. Pasar Klitikan Pakuncen – Tempat seru berburu barang bekas

Dulu pasar ini memang hanya menjual barang bekas dan barang-barang kuno, tappi seiring berjalannya waktu pasar ini juga menjual barang-barang baru. Barang apapun yang kalian cari pasti ada disini.

7. Pasar Beriman Tomohon, Manado – Pasar anti mainstream

Pasar Tomohon mungkin kalian belum pernah mendengar mendengar pasar tersebut. Buat kalian yang tidak kuat setelah mengetahui barang yang dijual ditempat ini jangan pernah untuk datang langsung. Barang yang dijual di pasar ini mungkin menjijikan namun kepopuleran pasar ini di Indonesia sangat luar biasa bahkan sampai mendunia. Pasar Tomohon terkenal keseantero dunia karena dagangan yang dijual berupa daging hewan yang tak terbayangkan seperti anjing, ular, kelelawar, tikus, kucing dan masih banyak lagi hewan-hewan ekstream lainnya.

8. Pasar PASTY – Pusatnya satwa dan tanaman hias

Kalian sedang mencari hamster, burung, kucing, maupun ular datanglah ke Pasar PASTY (Pasar Satwa dan Tanaman Hias) pasar yang terletak di Jl. Bantul ini menjual aneka satwa, aneka makanan hewan dan keperluan satwa lainnya. Pasar ini tidak hanya menjual satwa saja lho, berbagai macam tanaman hias juga banyak dijual disini.

9. Pasar Bolu Toraja – Sederetan kerbau sejauh mata memandang

Namanya memang Pasar Bolu tapi yang dijual ditempat ini bukanlah kue bolu melainkan kerbau dengan harga yang fantastis , dari hanya ratusan juta hingga miliaran rupiah untuk satu enak kerbau. Di tanah Toraja kerbau dan babi memang hewan yang dianggap sakral karena sering digunakan sebagai ritual keagamaan. Tak heran jika ada kerbau yang mencapai 2 miliar untuk satu ekornya.

10. Pasar Sentral Makale – Suasana pasar babi di Makale

Sama dengan halnya kerbau, babi di Toraja juga dianggap sebagai hewan yang sakral. Maka tak heran jika jualan babi ditempat ini dianggap biasa saja. Harga babi disini tidak seperti harga kertau yang bisa mencapai miliaran, babi berkisar 500-700 ribu untuk yang kecil sedangkan untuk babi dewasa berkisar 3-9 juta. Mungkin kalian bukanlah orang yang mengkonsumsi daging babi tapi tidak ada salahnya untuk sekedar datang dan melihat-lihat sekaligus menambah wawasan keberagaman negara kita.

Itulah daftar pasar di Indonesia yang berbeda dari yang lain. Menurut kalian mana yang paling unik? Jika semuanya unik, semoga bisa kalian kunjungi semua pasar-pasar tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here