10 Jajaran Gedung Tertinggi di Dunia

0
103

Dakonan.com – Saat ini banyak negara-negara yang berlomba membangun gedung pencakar langit sebagai landmark negara tersebut maupun untuk memecahkan rekor sebagai pemilik gedung tertinggi di dunia. Taukah kalian dimana gedung tertinggi di dunia? Yap, gedung tertinggi di dunia saat ini adalah Burj Khalifa yang ada di Dubai, UEA. Selain Burj Khalifa masih ada gedung-gedung pencakar langit yang lainnya. Berikut beberapa gedung tertinggi di dunia :

1 . Burj Khalifa (Dubai, Uni Emirat Arab)

Gedung pencakar langit yang indah dan megah ini telah rampung konstruksinya sejak tahun 2010. Gedung dengan tinggi 828 meter dan jumlah lantai 163 yang berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab ini dirancang oleh arsitek Adrian Smith, William F. Baker, George J. Efstathiou, Marshall Strabala.

2 . Menara Shanghai (China)

Gedung yang terletak di Zona Keuangan dan Perdagangan Lujiazui memiliki tinggi 632 meter dan 128 lantai merupakan wujud dari prototipe dari bangunan tinggi. Strukturnya memiliki lift tercepat di dunia dengan kecepatan 65 kaki (20,6 m) per detik.

3 . Makkah Royal Clock Tower (Saudi Arabia)

Terletak di jantung kota suci umat Islam, Makkah Royal Clock Tower merupakan bangunan tertinggi ketiga di dunia dengan ketinggian 601 meter. Tempat ini berlokasi dengan Masjidil Haram, yang dapat menampung hingga dua juta jamaah selama berlangsungnya ibadah haji. Fitur yang paling mencolok yaitu jam wajah, begitu besar sehingga bisa dilihat dari jarak 16 mil (25 km).

4 . Ping An Finance Centre (China)

Gedung yang berlokasi di Shenzhen, China memiliki tinggi 599 meter dan 115 lantai ini dibuat oleh Ping An Insurance, Ping An Finance Center.

5 . Goldin Finance 117 (China)

Sesuai dengan namanya Goldin Finance 117 ini memiliki jumlah lantai sebanyak 117 dengan tinggi 596 meter. Gedung yang dibuka pada tahun 2018 ini merupakan bagian dari proyek Metropolitan Goldin yang sedang dikembangkan oleh Goldin Properties Holdings.

6 . Lotte World Tower (Seoul, Korea Selatan)

Lotte World Tower adalah gedung pencakar langit dengan tinggi 554 meter yang terletak di Seoul, Korea Selatan. Gedung ini dibuka untuk umum pada tahun 2017 dan sekarang menjadi gedung tertinggi di Korea Selatan.

7 . One World Trade Center (New York)

One World Trade Center, lebih dikenal sebagai 1 WTC dan dulunya bernama Freedom Tower, adalah bangunan utama di komplek World Trade Center di Lower Manhattan, New York City. One World Trade Center setinggi 541 meter, kembali menegaskan posisi Manhattan sebagai kota pusat bisnis.

8 . CTF Finance Centre (China)

Gedung yang mulai dibangun pada tahun 2010 dan selesai tahun 2016 ini memiliki jumlah lantai 111 dan tinggi 530 meter.

9 . Willis Tower (Chicago, USA)

Masih disebut oleh banyak orang sebagai Menara Sears, Menara Willis yang selesai dibangun pada tahun 1973 menjadi gedung tertinggi di dunia, menyalip World Trade Center. Dengan jumlah lantai 110 dan tinggi 527 meter.

10 . Taipei 101 (Taipei, Taiwan)

Bangunan yang berdiri di Xinyi District, Taipei ini memiliki tinggi 508 meter mulai dibangun pada tahun 1999. Namun, progres konstruksinya baru selesai pada tahun 2011.

Demikian artikel mengenai “10 Jajaran Gedung Tertinggi di Dunia” semoga menambah wawasan kalian mengenai keberagaman dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here